Bakeryenak – Kue putu mangkok atau yang dikenal dengan kue putu ayu adalah sejenis jajanan khas nusantara yang terkenal dengan aromanya yang menggoda.

Paling banyak dijumpai di pasar tradisional. Cocok sebagai teman teh hangat kala hujan sedang melanda. Selain itu anda juga bisa menyajikannya ketika ada acar kecil di keluarga anda.

Warna yang paling umum dari sajian kue putu ayu ini adalah berwarna hijau dan putih. Tapi sebagian orang bisa membuatnya dengan warna merah muda dan putih.

Namun ada hal yang unik dari kue yang satu ini yaitu cetakannya berbentuk bunga. Atau mau lebih kreatif, anda bisa mengganti cetakan dengan bentukan lain. Akan tetapi jika anda membuat sendiri di rumah, memasak kue putu mangkok cukup membutuhkan waktu kurang lebih selama 20 menit. Tertarik untuk membuatnya? Berikut akan dibeberkan resepnya.

Kebutuhan Bahan:

200 gr tepung terigu

150 gr kelapa parut

5 butir telur ayam

150 ml santan

200 gr gula pasir

garam seperlunya

daun pandan

Proses Pengolahan Kue Putu Ayu:

  1. Sediakan pengukus serta lumuri cetakan dengan minyak goreng yang secukupnya.
  2. Kocok telur dan gula pasir hingga rata.
  3. Setelah adukan telur selesai dikocok, campurkanlah ke dalamnya tepung terigu. Perlahan tambahkan santan dan garam sekitar ½ sendok teh. Masukkan juga daun pandan kemudian diaduk agar merata.
  4. Setelah adonan jadi, tuangkan ke dalam setiap cetakan, jangan lupa paling bawah adonan taburkan kelapa parut secukupnya. Kukus selama 15 – 18 menit.
  5. Setelah matang, keluarkan kue putu ayu dari cetakan. Boleh membalikkannya secara langsung, namun boleh juga menggunakan bantuan tusuk sate.
  6. Diamkan kurang lebih selama lima menit agar kue putu mangkok ini siap disantap.

Perlu diperhatikan:

Saat mengukus, usahakan dengan api sedang. Selain itu gunakanlah parutan kelapa yang segar dan jangan yang sudah didiamkan selama beberapa jam sebelumnya. Resep ini cukup mudah. Selamat mencoba resep.

LIHAT JUGA ARTIKEL RESEP KUE BASAH LAIN : Kue Nagasari Nangka