Bakeryenak – Bolu sarang semut teksturnya mirip dengan bika ambon yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Disebut sarang semut karena kue ini dibentuk berongga-rongga yang mirip sarang semut.

Kue bolu sarang semut ini bisa disajikan pada acara-acara kecil keluarga misalnya saat perayaan ulang tahun anggota keluarga. Namun bisa juga disajikan sebagai santapan bersantai di sore hari. Teh adalah teman yang cocok untuk menemani kudapan enak ini.

Coba Lihat Resep Membuat Kue Kering Akar Kelapa yang Kriuk-kriuk

Agar tak berlama, cobalah ikuti resep membuat kue ini.

BAHAN

  1. 75 gr mentega leleh
  2. ½ sendok teh baking powder
  3. 1 sendok teh soda kue
  4. 90 gr tepung terigu
  5. 200 gr gula pasir
  6. 225 ml air panas
  7. 4 butir telur ayam
  8. 100 ml SKM
  9. 25 gr maizena

Cara Membuat Kue

  • Terlebih dahulu panaskan oven kemudian sediakan loyan cincin. Jangan lupa untuk mengoles sedikit mentega dan tepung terigu ditaburi tipis.
  • Masak gula sampai larut (hingga warna cokelat tua) lalu tuang dengan air panas. Aduk kembali supaya gula larut dan mendidih.
  • Setelah gula dingin, tambahkan margarin bersama dengan SKM (Susu Kental Manis) ke dalam karamel. Kembali aduk sampai rata kemudian sisihkan.
  • Kocok telur. Setelah itu masukkan tepung terigu, maizena, serta soda kue dan baking powder sambil diayak. Pastikan adonan tidak ada yang menggumpal.
  • Sambil terus diaduk-aduk, tuanglah karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit secara perlahan.
  • Setelah itu tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan tadi. Panggang selama 40 menit dengan suhu 180 derajat C.
  • Setelah matang, angkat kue untuk disajikan atau tunggu hingga dingin. Potong sesuai selera.

Sebagai tips, gunakanlah gula pasir kualitas terbaik yang benar-benar bersih dan bebas dari kotoran agar hasilnya semakin mantap pula. Sewaktu membuat adonan karamel pastikan lelehan gulanya tidak sampai berwarna cokelat pekat atau cokelat gelap. Karena kepekatan dari warna gula bisa penyebab rasa pahit dari kue sarang semut.