Bakeryenak – Kue kembang goyang atau yang lebih sering disebut sebagai kue kembang loyang merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis kue yang sering disajikan pada saat tahun baru.

Makanan ringan renyah ini dibuat dengan adonan dari berbagai tepung yang digoreng harus dengan minyak yang sangat panas. Biasanya cetakannya berbentuk bunga. Selain itu kue kembang goyang bisa dibuat dalam berbagai rasa dan warna. Tapi yang lebih umum adalah berasa manis.

Berikut resepnya.

Tepung beras – 100 gram

Tepung terigu – 150 gram

Tepung tapioka – 150 gram

Vanilli bubuk – ½ sdt

Garam halus – ½ sdt

Gula pasir – 100 gram

Santan kelapa – 450 ml

Biji wijen – 50 gram

Telur ayam – 2 butir

Lihat Juga: Resep Kue Combro Khas Bandung

CARA MEMBUAT KUE KEMBANG GOYANG

  1. Kocok telur bersama dengan gula pasir hingga rata dan larut. Setelah itu masukkan garam halus, vanilli, dan tepung sedikit demi sedikit. Lakukan hingga takaran habis.
  2. Tuanglah air sedikit demi sedikit secara perlahan, aduk kembali hingga tidak bergerindil. Setelah adonan kental tambahkan biji wijen ke dalam adonan. Lakukan pengadukan kembali.
  3. Panaskan minyak goreng hingga hampir menutupi semua permukaan wajan dengan api sedang. Supaya adonan kembang goyang dalam cetakan bisa tenggelam dan tertutupi oleh minyak.
  4. Panaskan juga cetakan ke dalam minyak panas di atas penggorengan. Setelah cetakan kembang goyang panaskan, celupkan ke dalam wadah adonan kue. Masukkan kembali ke dalam minyak.
  5. Goyang-goyang cetakan di dalam minyak panas, hingga adonan terlepas. Tunggu hingga matang dan gurih. Biasanya berwarna agak kecokelatan.
  6. Setelah semuanya habis tergoreng, dinginkan sebentar lalu masukkan ke dalam toples kedap udara.

Selain renyah, camilan yang satu ini terbilang jarang dijual di supermarket atau bahkan tidak anda. Nah dengan demikian, anda perlu membuatnya sendiri di rumah. Selamat menikmati kue kembang goyang buatan anda sendiri.