bakeryenak – Roti lavash adalah sebuah kudapan enak yang dapat disajikan sebagai makanan pengiring maupun sebagai makanan pembuka yang berasal dari Armenia. Meskipun kue ini bukan berasal dari Indonesia namun bahan adonan untuk membuat kue ini adalah bahan yang umum serta mudah didapat.

Kue ini dimasak dengan cara dipanggang tetapi bila anda tertarik untuk membuatnya anda bisa memasaknya dengan kompor dan wajan yang ada di rumah anda, seperti resep yang disajikan berikut.

Bahan Membuat kue Lavash

Secangkir tepung serbaguna
Ragi kering aktif (1/4 sdt)
Gula pasir (2 sdt)
Garam (2 sdt)
Teh herbal kering (1-2 sdt)
Air hangat (1/3 cangkir)
Minyak zaitun (2 sdm)

Tips: bila teh herbal kering tidak ada maka bisa diganti dengan menggunakan rosemary, sage, maupun lavender. Selain itu agar lebih nikmat bisa anda tambahkan bumbu.

Langkah Membuat Kue

Gabungkan tepung bersama dengan ragi, garam, serta gula pasir. Tambahkan juga minyak dan air hangat. Aduk rata sebelum diuleni. Bentuk adonan menjadi sebuah bulatan.

Taruh pada wadah atau mangkuk yang sudah diolesi minyak. Biarkan adonan mengembang dengan sendirinya, tunggu selama 60 menit.

Setelah itu kempiskan adonan kemudian tutup kembali adonan kue selama 3 jam.

Ratakan adonan dengan menggunakan rolling pin setipis mungkin. Agar adonan tidak lengket pada permukaan maka taburi permukaan dengan sedikit tepung.

Potonglah adonan sesuai selera atau kira-kira seperti bentuk keripik tortilla besar.

Sikat satu sisi dengan minyak. Agar lebih menambah kenikmatan, anda bisa menaburkan bumbu pada permukaan adonan lavash.

Panaskan wajan menggunakan api sedang. Masukkan beberapa potong adonan sekaligus tetapi dengan sisi yang berminyak harus diletakkan di bagian bawah (mengenai wajan).

Tunggu hingga matang atau warnanya sampai cokelat keemasan.

Flatbread akan menjadi lebih renyah ketika kue dalam keadaan dingin. Setelah terasa krispi, roti lavash khas Armenia siap disantap.