bakeryenak – Kue pancong kelapa merupakan salah satu jajanan pasar yang cukup dinimati masyarakat. Selain rasanya enak, aromanya juga wangi hingga menggugah dapat menggugah selera.

Kue ini juga biasa disebut dengan gandos, namun ada pula yang menyebutnya dengan kue rangin. Bahkan penyebutan nama kue ini berbeda-beda untuk setiap daerah. Orang Bojonegoro biasa menyebut kue ini dengan tratak jaran sementara orang Bali menyebut kue pancong dengan nama daluman, Namun meski begitu kue tradisional yang satu ini sangat mudah didapatkan dengan harga yang murah pula.

Tetapi bila nada tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, berikut disajikan cara membuat kue pancong kelapa yang enak dan lembut di lidah.

BAHAN

  1. Tepung beras – 250 gram
  2. Kelapa setengah tua (kerok kelapa dan parut memanjang) – 250 gram
  3. Gula pasir – 5 sendok makan
  4. Santan kelapa – 750 ml
  5. Garam secukupnya

CARA MEMBUAT KUE PANCONG KELAPA

  • Setelah semua bahan-bahan telah tersedia maka langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mencampur tepung beras, gula pasir, garam, serta kelapa muda parut,
  • Kemudian tuanglah santan dan aduk sampai rata. Lalu panaskan cetakan kue hingga benar-benar panas. Jangan lupa untuk memberikan beberapa tetes minyak pada cetakan kue.
  • Lantas tuanglah adonan ke dalam cetakan.
  • Masak kue menggunakan api kecil dan tutup. Masak selama sepuluh menit, setelah itu masak lagi selama 3 menit dengan api sedang hingga bagian luar terlihat berwarna kecokelatan dan agak kering.
  • Balik kue pancong kelapa. Dalam hal ini masak kue pancong dengan api kecil selama 3 menit dan tidak usah ditutup. Hal ini supaya bagian luar kue pancong tetap garing.
  • Jika sudah matang maka angkatlah. Sajikan kue pancong selagi masih dalam keadaan hangat.